Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Mudah dan Tepat

Sering kali kurang percaya diri karena memiliki masalah bau mulut yang tak sedap. Hal ini menjadi masalah yang cukup serius apalagi bau mulut mulai mengganggu aktifitas keseharian. Setiap kali ingin berbicara, kita akan merasa malu dan takut menganggu lawan bicara kita dengan bau mulut kita. Lawan bicara pun menjadi enggan berbicara lama-lama dengan kita. Untuk itu penting bagi Anda untuk segera mengatasinya. Beberapa cara yang mungkin sudah Anda praktikkan mulai dari mencari cara melalui internet atau konsultasi dengan teman yang juga memiliki masalah yang sama, tetapi masih belum berhasil menghilangkan bau mulut pada diri Anda. Terkadang masalah bisa teratasi bau mulut mulai hilang tetapi hanya sementara. Biasanya untuk mengurangi bau mulut, beberapa orang mengkonsumsi permen penyegar nafas. Masalah muncul kembali saat permen yang kita konsumsi mulai habis, bau mulut kembali lagi. Menjadi tidak nyaman dan tak percaya diri saat berbicara dengan kawan atau rekan kerja.

 

Mengatasi bau mulut dengan menjaga kesehatan mulut

Anda tidak perlu merasa panik secara berlebih, karena ada cara untuk mengatasi bau mulut dengan mudah tapi pasti ampuh. Bau mulut merupakan salah satu masalah dari mulut. Bau mulut bisa jadi pertanda bahwa mulut anda tidak sehat. Oleh karena itu, jagalah kesehatan mulut anda dengan cara menggosok gigi secara teratur dan rutin ketika baru bangun tidur dan sebelum tidur. Pada saat menggosok gigi, usahakan untuk menggosok bagian langit-langit mulut anda dan juga pada bagian lidah. Dua daerah tersebut termasuk kedalam tempat-tempat yang sering dijadikan tempat sisa makanan berkumpul. Gosoklah gigi dengan benar supaya tidak infeksi pada gusi. Kemudian, hindarilah makanan yang memiliki bau menyengat. Seperti, bawang, durian, petai, jengkol, dan lain-lainnya.

 

Cara mengatasi bau mulut dengan minum air putih

Selanjutnya, banyak-banyaklah minum air putih. Banyak manfaat yang didapat dari meminum air putih setiap harinya, karena cairan yang ada pada tubuh sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan dan menjaga tubuh tetap segar. Selain itu, air putih memang wajib untuk diminum setiap harinya oleh manusia. Cara mengatasi bau mulut selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan probiotik. Makanan yang mengandung probiotik ampuh dan berguna untuk mencegah bau mulut serta membantu kesehatan pencernaan anda. Hindari pula untuk mengkonsumsi minuman alkohol yang tentunya juga tidak baik bagi kesehatan serta rokok yang dapat memperburuk kondisi kesehatan mulut. Bakteri dengan mudah berkembang di area mulut terlebih bagi Anda yang sering mengkonsumsi alkohol yang berpengaruh dengan air liur tempat berkembangnya bakteri.

 

Cara mengatasi bau mulut dengan makanan

Anda juga disarankan untuk banyak mengkonsumsi sayur dan buah seperti wortel, apel, bengkuang, pir dan lain-lainnya. Karena sayur dan buah memiliki banyak kandungan vitamin di dalamnya. Selain itu, anda bisa menggunakan bahan-bahan seperti mint, kayu putih, ketumbar, dan kapulaga untuk mengatasi bau mulut. Tapi penggunaan bahan-bahan tersebut haruslah sesuai takaran. Mengkonsumsi keju juga bisa menjadi cara mengatasi bau mulut. Mungkin anda kebingungan kenapa keju bisa membantu anda untuk mengatasi bau mulut. Keju dapat membantu membunuh bakteri yang berada dalam mulut kita, karena keju kaya dengan kalsium dan juga mengandung banyak vitamin sehingga keju bermanfaat untuk meningkatkan produksi air dalam mulut dan dapat mengurangi tumbuhnya karang gigi yang menganggu gigi anda.

 

Cara mengatasi bau mulut dengan vitamin C

Mengkonsumsi vitamin C juga termasuk dalam salah satu cara mengatasi bau mulut. Vitamin C dapat membantu membunuh pertumbuhan bakteri. Sebaiknya, anda mengkonsumsi vitamin C yang berasal dari buah dan makanan-makanan sumber vitamin C lainnya. Jangan mengkonsumsi suplemen vitamin C karena justru akan tambah memperparah bau mulut. Yang terakhir, sebaiknya anda juga jangan terlalu sering menggunakan obat kumur.

 

You May Also Like